A prayer's Gate

....Even when I walk through a dark valley, I fear no harm for you are at my side; your rod and staff give me courage....

Friday, December 02, 2005

Lokasi Goa Maria di Indonesia

BANTEN

Keuskupan Bogor:

Gua Maria Bukit Kanada (Kampung Narimbang Dalam) - Jl.Raya Cipanas Km 2 (Sekolah Perawat/SPK RS Misi) Rangkasbitung, Serang. Paroki Santa Maria Tak Bernoda - Jl. Multatuli, Rangkasbitung.
Peresmian 13Agustus 1988, Uskup Bogor, Mgr.Ignatius Harsono, Pr.


JAWA BARAT

Keuskupan Bandung:

Gua Maria Sawer Rahmat - Cisantana, Cigugur, Kuningan.
Peresmian 21
Juli 1990, Kardinal Tomko.
Konsumsi peziarah : WKRI Cisantana, telepon 0232 875234.
Rute:
a. Jakarta -Cirebon -Kuningan, sebelum masuk kota Kuningan, di terminal Cirendang belok kanan menuju Cigugur (3 km) dari Cigugur naik ke Cisantana
b. Jakarta - Bandung - Tasikmalaya - Kuningan - Cirebon. Sebelum masuk kota
Kuningan (sesudah Waduk Darma) atau di Cigadung belok ke kiri melewati
Cigugur kemudian naik ke Cisantana.
Penginapan :
ada penginapan di Cisantana untuk 50-60 orang atau hotel di Kuningan
Konsumsi: Hubungi WKRI Cisantana attn. Ibu Gunawan (0233) 875234, Harga antara Rp. 6.000, - Rp. 7.500 per orang

Gua Maria Karmel - Biara Suster Karmel OCD, Jl. Karmel II \ 51,
telepon 022 278 6152 - Lembang ~ Paroki Santa Maria Lembang, Jl. Karmel I 51, telepon 022 278 7331. Peresmian Mei 1989, Uskup Bandung, Mgr. Alexander
Djaja-siswaja Pr.

Keuskupan Bogor :

Gua Maria Biara Santa Clara - Biara Suster Santa Clara, Pacet,
Sindanglaya, telepon 0263 512 237 - Cipanas. (setiap hari s/d pkl. 11.30)


D.K.I. JAKARTA

Keuskupan Agung Jakarta :

Gua Maria Bunda Penebus - Paroki St.Thomas Rasul, Jl. Pakis Raya,
Blok G 5, No. 20, Bojong Indah - Jakarta Barat (Kompleks Bojong Indah -
Jalan Daan Mogot, Jakarta - Tangerang).

Gua Maria Fatima - Kompleks Biara Suster Gembala Baik RGS , Jl.
Jatinegara Barat - Jakarta Timur. Acara rutin : Prosesi Bunda Maria Fatima &
Perayaan Ekaristi setiap bulan tanggal 13, pukul 17.00. {Peresmian 13 Mei
1950 - Inter-nuntio, Mgr. De Jonge & 13 Mei 1961 - Uskup Jakarta Mgr. A.
Djajasaputra SJ}.


JAWA TENGAH

Keuskupan Purwokerto :

Gua Maria Kaliori - Kaliori, 20 km Purwokerto arah Banyumas;
informasi : Sekretariat - telepon 0281 632479 - 796242 atau Gereja Katedral
Purwokerto, Jl. Gereja no.3, telepon 0281 637052. Pemberkatan Patung Bunda
Maria, 10 Oktober 1989, Paus Yohanes Paulus II di Yogyakarta. 08 Desember
1989 gua diberkati oleh Mgr. PS Hardjasoemarta MSC. Dilengkapi Taman Rosario
Hidup dengan 15 relief peristiwa renungan doa rosario.
Rute:
Jakarta/Bandung - Wangon - Buntu - Gombong/Yogyakarta
Dari arah Bandung, sampai di pertigaan Buntu belok ke kiri menuju Purwokerto
melewati Banyumas dan Sokaraja, setelah melewati Sungai Serayu di antara
jalan berkelok-kelok di sebelah kanan ada papan nama besar Goa Maria Kaliori

Jakarta - Purwokerto - Gombong/Yogyakarta
Dari arah Purwokerto setelah melewati Sokaraja (terkenal dengan getuknya)
dan setelah pabrik Gula Kalibagor, di sebelah kiri ada ada papan nama besar
Goa Maria Kaliori.
Penginapan & akomodasi:
Rumah retret Maria Immaculata.
4.1.2. Gua Santa Maria Nusakambangan - Ds. Klaces, Kec.Pembantu Kampung Laut
Cilacap. Sekretariat : Jl. Gatot Subroto 35A, telepon 0282 533018, Cilacap.

Rute:
1. Majingklak ~ pelayaran Majingklak - Klaces 20 menit. Banjar - Majingklak
(Kalipucang) 45 km, Majingklak-Pangandaran == 25 km.
2. Sleko-Cilacap ~ pelayaran Sleko - Klaces 2 jam.
4.2. Keuskupan Agung Semarang :
4.2.1. Gua Maria Kerep - Ambarawa (Seberang terminal Ambarawa), Paroki St.
Yusuf Ambarawa, telepon 0298 591028 - pengelola, telepon 0298 592085.
Peresmian 15 Agustus 1954, Uskup Semarang Mgr. Soegijopranoto SJ & Peresmian
renovasi 04 Oktober 1981, Uskup Agung Semarang, Justinus Kardinal
Darmoyuwono, Pr.
Rute:
Jakarta - Semarang - Ambarawa
Dari arah terminal Ambarawa sebelum Komplek Gereja Paroki St. Yusuf ada
jalan ke kanan menuju Gua Maria Kerep.
Penginapan & Akomodasi: Susteran Marsudirini di samping Gereja.

Gua Maria Sendang Sriningsih - Dsn.Jali, Ds.Gayamharjo, Prambanan.
(jalan raya Yogya - Solo, Pertigaan pompa bensin Pandan Simping. Acara rutin:
Pem-bukaan & penutupan bulan Maria (Mei & Oktober), prosesi obor dari
Gereja Mar-ganingsih+doa jalan salib+misa (pkl.21.00) di gua & novena malam
Jumat Kli-won. Peresmian 29 Mei 1953. Paroki Santa Maria Bunda Kristus, Wedi
- telepon 0272 - 322797. Peresmian Renovasi 19 Agustus 1979, Uskup Agung
Semarang, Justinus Kardinal Darmoyuwono Pr.

Gua Maria Sendang Ratu Kenya \ Gua Hati Ibu Yang Bahagia - Danan,
Giriwoyo, Wonogiri. Paroki St. Ignatius - Danan, Peresmian 30 Septem ber
1997, Uskup Emeritus Keuskupan Sintang, Mgr. Isaac Dura, Pr. Sumber air
diberkati 30 September 1998 oleh Mgr. V.Kartosiswoyo, Pr. Acara rutin: Misa
setiap Jumat pkl. 20.00 & Novena 9x Minggu pertama (pkl. 10.00) September
s/d Mei.

Gua Maria Mojosongo - Debegan Rt 04\V, Kel.Mojosongo, Kec.Jebres
(jalan Brigjen Katamso) Surakarta/Solo. Paroki Santa Maria Regina
Purbowardayan - Jl. Jend. A.Yani 10, telepon 0271 56620. Peresmian 25
Desember 1983, Uskup Agung Semarang, Julius Kardinal Darmaatmadja SJ. Acara
rutin : Misa setiap malam Jumat Pertama pkl. 21.00.

Gua Maria Sendang Pawita Sinar Surya Tawangmangu - +/- 3km lokasi
wisata Tawangmangu, Dusun Sendang, Desa Panjang, Kec. Tawangmangu - Karang
Anyar. Paroki St. Pius X, Jl. Lawu 362, telepon 0271 495192, Karang- anyar.

Gua Maria Marganingsih (= jalan mengalirnya rahmat) - Ds. Ngaren,
Bayat - Klaten (Yogyakarta - Solo, Pertigaan Bendo Gantungan Klaten arah
Bayat), Paroki Santa Maria Bunda Kristus, Wedi - telepon 0272 - 322797
{Peresmian 27 Oktober 2002 - Uskup Agung Semarang, Mgr. Ign. Suharyo, Pr}.

Gua Mawar Maria - Ds. Kembang Sari, Kec. Musuk - Boyolali. Peresmian
25 Juni 1982, Pastor paroki, Rm. A. Endro Karyono MSF. Paroki Hati Tak
bernoda SP Maria, Jl. Merbabu 24, telepon 0276 21107, Boyolali. Kontak :
Mudika Stasi Musuk d/a Kembangsari 06/II, Musuk ~ email : chollo@plasa.com
(Sdr.Teguh Tri Kuncoro). atau sulisrose@plasa.com.

Gua Maria - Sendang Sancta Rosa Mystica - Dsn Banyuurip, Ds Jelok,
Kec. Tuntang, Kab. Semarang (Bawen - Salatiga). Koster, Pak Stefanus Aan
0822 980 461. Paroki St. Paulus Miki, Jl. Diponegoro 34 telepon 0298 324076,
Salatiga.


D.I.YOGYAKARTA

Keuskupan Agung Semarang :

Gua Maria Lourdes Sendang Sono - Kalibawang, Kulon Progo (Jl.Raya
Muntilan - Wates), Paroki Promasan, telepon 0292 21130. {Peresmian 08
Desember 1929, Pastor RP Prennthaler SJ}. Misa setiap Sabtu selama bulan Mei
& Oktober pkl 16.00.

Gua Maria Sendang Jatiningsih - Ds.Jlitar, Moyudan, Sleman (Sendang
Sono - Yogyakarta lewat Nanggulan - Godean). Paroki St. Petrus & Paulus -
Klepu, Pos Godean, Yogyakarta 55564.Peresmian renovasi 1999, Uskup Agung
Semarang, Mgr. I.Suharyo Pr.

Gua Maria Tritis - Dsn. Bulu, Ds. Giring, Kec. Paliyan, Kab. Gunung
Kidul - Wonosari. Paroki St. Petrus Kanisius - Jln. Mgr. Sugiyapranata 29,
telepon 0274 391063, Wonosari. Setiap Minggu bulan Mei & Oktober ada
perayaan ekaristi pkl. 11.30.
Rute:
Dari Yogyakarta - Wonosari; sampai simpang tiga Gading (dekat lapangan
terbang landasan rumput) belok kanan menuju Playen - paliyan - Pasar Trowono
- Singkil. Rute ini paling umum dilalui para peziarah dan jarak dari Gading
- Goa Maria Tritis sekitar 28 km.

Gua Maria Sendang Rosario - Ds.Ngijorejo, Kec.Gading, Wonosari (Jalan
Raya Yogyakarta - Wonosari ~ Gua Maria Tritis). Peresmian 11 Pebruari 1962,
Pastor T.Widyana SJ. Peresmian Renovasi 1975, Justinus Kardinal Darmo-yuwono
Pr. Peresmian Renovasi Ke-2, 21 Juni 1997, Uskup Tanjung Karang, Mgr. A
Henry Soesanto SCJ.

LOKASI ZIARAH LAIN di Sekitar D.I.YOGYAKARTA

Candi/Gereja Hati Kudus Tuhan Yesus - Ganjuran, Bantul, telepon 0274
367154, (Jowilayan, Km.16 Yogyakarta/Bantul - Pantai Samas). Peresmian 11
Februari 1930, Uskup Agung Jakarta, Mgr. Van Velsen SJ. Acara rutin :
Ungkapan devosional & upacara khusus, Malam Jumat Pertama pkl. 19.00 &
Minggu ke-5 setiap bulan, pkl. 07.00 & Minggu terakhir bulan Juni pkl. 07.00
serta Tirakatan Malam Jumat Kliwon pkl. 19.00.

SALIB SUCI + Gua Maria Bunda Berduka Cita Gunung Sempu - Gereja Salib
Suci, Kec. Kasihan, Kab.Bantul (1.5 km dari Pabrik Gula Madukismo - masuk
dari ring road selatan Yogya); Acara rutin : Novena Salib Suci (devosi
kepada salib suci) setiap minggu ke - 3, pkl. 10.00 wib. Paroki Hati Kudus
Yesus, Pugeran - Jl. Suryaden 63, telepon 0274 372 295 Yogyakarta. Peresmian
20 Mei 1990 - Uskup Agung Semarang Mgr. Julius Darmaatmadja SJ.

Salib Suci Gunung Sempul, Bantul, Yogyakarta
Rute:
Dari Jalan Ringroad Yogyakarta masuk Pabrik Gula Madukismo kemudian ke barat
sekitar 1,5 km ada jalan ke kiri menyeberangi rel ka angkutan tebu.
Kontak person:
Bp. Sugiharta
Ketua Wilayah Gunung Sempu - telp. 0274-381877
Pastoran Paroki Hati Kudus yesus Pugeran Yogyakarta
Jl. Suryaden 63, Yogyakarta Telp. (0274) 372295
email: sekretariat_paroki@pugeran.net
website: www.pugeran.net

Sumur Maria Kitiran Mas - Gereja St.Maria Assumpta, telepon 0274 895
146, Pakem - Jalan Raya Yogyakarta - Kaliurang, Km 17). Penggalian sumur
kecil tahun 1985, Pemberkatan renovasi (sumur lebih besar) 14 Oktober 2001.

Makam Romo Richardus Kardis Sandjaja, Pr - Jl. Kartini, Muntilan ;
Paroki St. Antonius, telepon 0293 587046 ~ Rumah retret St. Fransiskus Asisi
Jln. Kartini 11 (samping RSU Muntilan), telepon 0293 587 095.

JAWA TIMUR

Keuskupan Malang :

Gua Maria Sendang Purwaningsih - Purworejo, Kec.Donomulyo, Kab.
Malang (dekat lokasi wisata Pantai Ngliyep, 53 km dari Kota Malang).
Peresmian 10 Mei 1990, Pastor Paroki Purworejo, Rm. Henricus Franciscus
Demmer O.Carm.

Gua Maria Sendang Retno Adi - Ngadireso - Tumpang - Poncokusumo -
Malang. Pertapaan Karmel \ Biara Suster Putri Karmel, telepon 0341 788650
(pkl. 07.00 s/d 15.00), fax 0341 788651 (24 jam).

Gua Maria Jatiningrum - Curah Jati (45 km dari Banyuwangi) - Grajagan
- Banyuwangi. Paroki Ratu Para Rasul. Peresmian 15 Agustus 1956, Uskup
Malang, Mgr. AEJ Albers Ocarm. Sebelum tahun 1995 bernama Gua Maria
Waluyaning Tiyang Sakit.

Keuskupan Surabaya :

Gua Maria Lourdes Puh Sarang - Kec. Semen - Kediri. Paroki St.
Vincentius a Paulo, Jl. Veteran no. 3, telepon 0354 772782, Kediri.
Peresmian 2 Mei 1999, Uskup Surabaya, Mgr. J. Hadiwikarta Pr. Acara rutin,
Misa tirakatan malam Jumat Legi, pkl. 24.00 (didahului doa rosario pkl. 23
30).

Gua Maria Fatima Sendang Waluyojatiningsih - Klepu, Kec. Sooko, Kab.
Ponorogo (Ponorogo arah Pulung - Sooko, +/- 30 km arah timur Gereja St.Maria
- Jalan Gajah Mada 45, telpon 0352 481184, Ponorogo). Peresmian 27 Mei 1988,
Uskup Surabaya Mgr. AJ Dibjakarjana Pr., peresmian setelah renovasi, thn.
2001, Uskup Surabaya, Mgr. J.Hadiwikarta, Pr.


SUMATERA UTARA

Keuskupan Agung Medan :

Graha Bunda Maria Annai Velangkanni - Taman Sakura Indah Blok A / 1,
Jl. Sakura III No. 7, Tanjung Selamat, telepon 061 8201943 Medan-Tuntungan,
Sumatera Utara.


BANGKA \ RIAU KEPULAUAN \ PULAU GALANG \ PULAU BATAM

Keuskupan Pangkal Pinang :

Gua Maria Pelindung Segala Bangsa Belinyu - Bukit Mo Thian Liang
(Bukit Menggapai Langit), Belinyu - Bangka (90 km dari Pangkal Pi- nang) -
Paroki St. Perawan Maria Dikandung Tanpa Noda, Jl. Mayor Syafri Rakhman 107,
telepon 0715 321331, Belinyu. Peresmian : 08 Desember 1999, Mgr. Hilarius
Moa Nurak SVD.
Kontak person:
Pastor Ambros Sanas, SSCC
Pastor Paroki St. Perawan Maria Dikandung Tanpa Noda.
Jl. May Syafri Rakhman 107, Belinyu 33254
Telp. 0715 - 321331

Paroki Katedral St. Yosef
Jl. Gereja No. 2, Pangkalpinang 33131
Telp/Fax. (0717) 432178 / 432152

Pastor L.I Wayan J. Sunaryo, SVD
Pastor Paroki St. Petrus
Jl. Anggrek Blok II Lubuk Baja - Batam 29432
Telp./Fax. (0778) 457755 / 451170

Pastor Philipus Seran Sega, Pr
Pastor Paroki Hati St.Perawan Maria Yang Tak Bernoda
Jl. Diponegoro No. 12 Kotakpos 30, Tanjungpinang 29101
Telp./Fax. (0771) 21386 / 20096

Gua Maria Bunda Pelindung Teluk Dalam - Pulau Bintan, Pantai Trikora
Teluk Dalam (49 km dari Tanjung Pinang). Paroki Hati St. Pera- wan Maria
Yang Tak Bernoda, Jl. Diponegoro 12, teepon 0771 21386 \ 20096, tanjung
Pinang. Peresmian : 22 April 2001, Mgr. Hilarius Moa Nurak SVD.

Bunda Maria di Atas Perahu, Galang Site II - Pulau Galang, Paroki St.
Petrus, Lubuk Baja - Jl. Anggrek Blok II Lubuk Baja, telepon 0778 457755 451170, Batam. Peresmian 30 September 1994.
9.1.4. Gua Hati Tersuci Santa Perawan Maria - Paroki Beato Damian, Kompleks
Green Town, Blok Q, No. 21 (Depan TOP 100), Bengkong Harapan, Batam.
Peresmian 17 Maret 2002 oleh Mgr.Hilarius Moa Nurak SVD


JAMBI

Keuskupan Palembang :

Gua Maria Ratu Rosari - Kompleks Pondok Kristofel (Rumah Biara SCJ)
telepon 0741 - 40207, Paroki St. Theresia - Jl. RD Mattaher 19, telepon
0741 - 23310, Jambi {Peresmian 07 Oktober 2002 - Uskup Palembang, Mgr. Al.
Sudarso SCJ}.


LAMPUNG

Keuskupan Tanjung Karang :

Gua Maria Padang Bulan - Pringsewu, Lampung (Arah barat kota Bandar
Lampung) ~ 3 km dari Pringsewu arah Kab. Tanggamus dise-belah kanan jalan.
Rumah retret La Verna , fax 0729 21788. Peresmian 19 Agustus 1984.
Rute:
Kendaraan Umum : peziarah bisa naik Bus Damri dari Stasiun gambir menuju
Lampung. Turun di Stasiun KA Tanjung Karang, kemudian ganti angkutan umum
menuju terminal Rajabasa. Setelah itu melanjutkan dengan bus jurusan Kota
Agung. Turun di Pringsewu, tepatnya di pangkalan ojek pasar esok.
Kendaraan Pribadi/Rombongan : Dari pelabuhan Bakauheni menuju ke arah kota
Tanjung Karang melewati bundaran Sukarno-Hatta, ada pertigaan belok kanan
menuju Jl. Pramuka sampai di terminal kecil Kemiling belok kanan menuju
Pringsewu dan melewati Pasar Gedungtataan, Pasar Gadingrejo sampai di pasar
Pringsewu ke arah Kabupaten Tanggamus sekitar 3km (dari lampu lalulintas
Pringsewu) belok kanan menuju lokasi Gua Maria PadangBulan.
Penginapan : di lokasi ada rumah retret La Verna yang dikelola Suster-suster
Fransiskanes dari Santo Gregorius, Martir( FSGM)

Gua Maria Fajar Mataram - Bandarjaya, Lampung (Arah utara kota
Bandar Lampung-menuju Kotabumi), Desa Merapi, Kel. Fajar Mataram - Kec
Seputih Mataram, Kab. Lampung Tengah. (Belok kanan di Pasar Bandarjaya).
Rute:
Kendaraan Umum : peziarah bisa naik Bus Damri dari Stasiun gambir menuju
Lampung. Turun di terminal Rajabasa. Setelah itu melanjutkan dengan bus
jurusan Bandar Jaya. Turun di terminal Bandar Jaya kemudian naik angkutan
kota jurusan Merapi (Pajar Mataram)
Kendaraan Pribadi/Rombongan : Dari pelabuhan Bakauheni menuju ke arah Kota
Bumi, dari bundaran Sukarno-Hatta, belok kanan menuju Bandar Jaya terus ke
jurusan Merapi.


NUSA TENGGARA TIMUR

Keuskupan Atambua :

Gua Maria Lourdes Betun - 4 km dari Gereja St. Maria Fatima.

Gua Maria Bunda Pengantara Rahmat - Stasi Silawan, Paroki Stella
Maris Atapupu, Timor Tengah Utara (50 meter dari perbatasan Timor Lorosae) ~
{Peresmian medio Agustus 2001 - Vikjen Keuskupan Atambua, Pastor Agustinus
Bula, Pr}.

Gua Maria Bitauni - Paroki St. Maria Penyelenggara Segala Rahmat,
Kiupukan, Pos Kefa.

Gua Maria Kapela Wilain - Paroki St. Petrus Lahurus, Pos Atambua.

Keuskupan Larantuka :

Gua Maria Wato Jong - Paroki St. Maria Diangkat ke Surga, Bama,
Lewokluo.

Keuskupan Agung Ende :

Gua Maria Fatima - Paroki St. Perawan Maria yang Tak Bernoda, Lela,
Maumere.

Keuskupan Agung Kupang :

Gua Maria Lourdes - Paroki Kristus Raja Kupang.


MALUKU

Keuskupan Amboina :

Gua Maria Bunda Hati Kudus - Waur Melati, Pulau Seram. Pastoran
Kamal Waisarisa - Seram, telepon 0913 61292

Gua Maria Panjang - 5 km dari kota Ambon.

Golgota di Masbait + Gua Maria - Masbait ~ Desa Klanit, daerah
Langgur, Maluku Tenggara, Kepulauan Kei & Aru. Peresmian 2000, Duta Besar
Vatikan, Mgr. Renzo Fratini.


SULAWESI

Keuskupan Manado :

Gua Maria Bunda Bukit Karombasan - Paroki Hati Kudus Karombasan,
telepon 0431 861403 - Manado.

Gua Maria Redemtoris Mater - Paroki St. Yoseph, Manado Selatan. Jl.
Gereja St.Yoseph 17, telepon 0431 851928 - Manado.

Gua Maria Bunda Hati Kudus - Desa Woloan, Tomohon. Pastoran Woloan,
telepon 0431 352212.

Keuskupan Agung Makassar :

Gua Maria Balla - Pena, Polmas - Toraja Barat, Sulawesi Selatan.
Pastoran Polewali, Jl. Amanna Pattola 2, telepon 0428 21720, Polewali.

Gua Maria Watan Soppeng - Paroki St. Perawan Maria Bunda Peng-
harapan, Jl. Samudera 48, telepon 0484 21362, Watan Soppeng, Sulawesi
Selatan.

Gua Maria Sendang Mulyasari - Kota Unaaha, Kendari, Sulawesi
Tenggara. Paroki Kendari, Jl. Moh.Hatta 63A, telepon 0401 21886.


KALIMANTAN

Keuskupan Banjarmasin :

Gua Maria Manikam Damai - Mandam, Hampang, Kota Baru.

Keuskupan Sanggau :

Gua Maria Pusat Damai.

Keuskupan Sintang :

Gua Maria Sejiram - Kapuas Hulu.

Gua Maria Tahta Kebijaksanaan Putussibau - (4 km dari pusat kota
Putussibau), Jalan Lintas Timur, Simpang Melapi - Kab. Kapuas Hulu. Peremian
awal Juni 2002, Pastor Paroki Putussibau, Pastor YJ Jakang SMM.

Keuskupan Tanjung Selor :

Gua Maria Sei Mentogog - 4 km dari jalan aspal Slipi, Pantai Amal
Tarakan, 13 km dari gereja Paroki St. Maria Immaculata, Jl. Jendral Sudirman
252, telepon 0551 51271, Kampung Baru, Tarakan - Kalimantan Timur.

Keuskupan Agung Pontianak :

Gua Maria Toho - Kec. Toho, Kab. Pontianak (15 km dari Anjungan \ 77
km dari Pontianak) - Paroki Katedral Patimura Pontianak, telepon 0561 734739
- Peresmian 20 Oktober 1996, Uskup Agung Pontianak Mgr. Hieronymus Bumbun
OFMCap.

Gua Maria Riam Merasap - Desa Segonde, Kec. Sanggau Ledo, Kota
Bengkayang (Ibu Kota Kab.Sambas) - Pontianak - Bengkayang 170 km; Bengkayang
- Sanggau Ledo 67,5 km; Sanggau Ledo - Lokasi 7,5 km. Paroki Santo Pius
Bengkayang, telepon 0562 441147. Diresmikan 1993
15.5.3. Gua Maria ratu Pencinta Damai Anjungan - Sungai Pinyuh, Anjungan ( 60 km dari Pontianak) - Paroki Sungai Pinyuh, telepon 0561 652079 - Peresmian 29 April 1973, Uskup Agung Pontianak Mgr. Herculanus Pr.

1 Comments:

Blogger Unknown said...

Trims atas daftar gua maria di Indonesia...

GBU
http://myholyrosary.blogspot.com/

3:23 PM  

Post a Comment

<< Home